Jumat, 20 Mei 2011

Cara Menginstall Virtualbox

   Apa sih VirtualBox? VirtualBox merupakan software komputer virtual dan gratisan, Yang sangat mudah sekali penggunaannya. Di VirtualBox bisa di install berbagai macam OS, dari 98 ataupun yang mau coba Vista, Proses installasi nya sama banget kayak nginstall OS biasa, mau coba Mac OS juga bisa !

  1. Silakan di install dulu VirtualBox-nya. Kemudian jalankan programnya.
  2. Kedua kita mesti buat Virtual Machine dulu, klik aja New, trus ikutin langkah-langkah yang ada, dari mulai setting Nama, Memory, Hard Disk dan lainnya.
7     
Setelah Virtual Machine selesai dibuat, selanjutnya tinggal ngatur hardware apa aja yang mau kita pake, mulai dari CD/DVD-ROM, Floppy, Audio dan lainnya. Semuanya tinggal di setting, liat aja gambar di bawah kalo mau lengkap.
2 

     Kalo merasa memory dan memory VGA terlalu berlebihan ataupun kekurangan buat Virtual Machine, bisa di atur juga di sini.

     Setelah semua proses selesai, ya tinggal di install OS Guest nya. OS Guest maksudnya, OS yang di install di Virtual Machine. Caranya sama persis kayak install OS pada umumnya.

     Kalo OS udah jadi, tinggal install driver. Perlu diingat, driver VirtualBox udah tersedia sendiri ga perlu cari2 lagi. Untuk menginstall driver VirtualBox pertama mesti Install VirtualBoxGuest di OS Guest. File nya udah tersedia dalam bentuk ISO namanya "VBoxGuestAdditions.iso" file nya bisa di dapet di tempat lu install VirtualBox nya. Liat aja gambar dibawah. Liat kan?
12   

Nah "VBoxGuestAdditions.iso" nya tinggal mount di CD/DVD-ROM yang ada di VirtualBox, lalu tinggal install di OS Guest nya.

     Beres deh. Tinggal install program - program deh.


3
4
 VirtualBox bisa di tampilkan secara full screen ataupun windowed.
     

0 komentar:

Posting Komentar